Pisah Sambut Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO

Suasana haru dipenuhi isak tangis terlihat mewarnai acara Pisah Sambut Direktur  RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO dari dr. Lucia Shinta Silalahi kepada dr. Hastuti, M.Sc pada Selasa (10/10) di halaman depan rumah sakit yang berlokasi di Jalan Zipur Lintas Timur itu. Acara tersebut dihadiri seluruh komponen pegawai mulai dari pejabat struktural, dokter, perawat, bidan, staf manajemen hingga pegawai lainnya.

Dalam sambutannya, Lucia mengharapkan apa yang sudah ia rintis selama empat tahun lebih dapat terus ditingkatkan. Termasuk menuntaskan program akreditasi, BLUD, dan peningkatan pelayanan terhadap pasien. “Rumah sakit ini sudah menjalankankan akreditasi versi terbaru dan tengah menyelesaikan  berbagai regulasi BLUD seperti beberapa pergub  yang rumah sakit lainnya belum memiliki walaupun statusnya sama-sama sudah BLUD,” ujar Lucia dalam sambutannya dengan mata yang berkaca-kaca.

Lebih jauh Lucia juga minta maaf kepada seluruh pegawai RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO apabila selama memimpin  memiliki kekurangan dan berbuat salah. “Kiranya sudilah memaafkan kesalahan saya dan saya berharap bila bertemu di jalan jangan sungkan untuk menegur,” harap Lucia yang dalam kesempatan itu diberikan bunga dan bingkisan kenang-kenangan dari pegawai  RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO.

Sementara direktur yang baru,  dr. Hastuti, M.Sc menyatakan dirinya akan melanjutkan apa yang sudah diprogramkan dan dijalankan oleh direktur sebelumnya. “Saya juga mohon dukungan dari seluruh pegawai agar dapat menjadi tim yang solid sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ujar Hastuti yang sebelumnya bertugas di Dinas Kesehatan Pemprov Babel.

Hastuti sendiri terlihat optimis dan penuh semangat dalam mengemban amanahya sebagai Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO kendati masih banyak kendala dan tantangan yang harus dihadapinya. Antara lain masih ada gedung yang belum selesai proses hibahnya sehingga dalam kondisi terbengkalai. Kemudian letak dan posisi RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO kurang strategis karena jauh dari pusat kota dan kawasan pemukiman serta akses transportasi, listrik, dan lampu penerangan jalan di kawasan Lintas Timur yang masih minim.

 Namun banyak pula faktor pendukung untuk memacu kemajuan RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO. Antara lain tersedianya lahan cukup luas 183.778 m2 atau 18,3778 hektar di kawasan RSUD Dr. (HC) Ir. SOEKARNO yang telah bersertipikat. Kemudian sudah ada beberapa sarana dan prasarana serta bangunan/fasilitas untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan.  

Selain itu yang tak kalah pentingnya adanya faktor dukungan penuh dari pemilik yakni Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan pemerintah pusat berupa regulasi, kebijakan, dan anggaran dana (APBD dan DAK). Kini pun masih  kelas C namun jenis pelayanannya banyak yang sudah mengarah ke kelas B. Bahkan kini  sudah terakreditasi tingkat dasar.

Terakhir progres kemajuan yang patut diapresiasi adalah adanya kerjasama dengan berbagai mitra pelayanan seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan Jasa Raharja serta  kerjasama dengan rumah sakit pengampu, yakni RSCM Jakarta.

Sumber: 
RSU Provinsi
Penulis: 
Irwanto
Fotografer: 
Thomas
Editor: 
Irwanto