Permudah Pelayanan Pasien Melalui SISRUTE

Dengan adanya pengembangan pola regionalisasi sistem rujukan dalam wilayah provinsi berdasarkan SK Dirjen BUK Kemenkes Nomor : HK.02.03/I/0363/2015  dan Pergub Babel Nomor 15 Tahun 2015, maka RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan provinsi. Sebagai rumah sakit pusat rujukan, maka berbagai inovasi, persiapan dan pembenahan terus dilakukan. Salah satunya rencana penerapan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (SISRUTE).

Untuk itu, pada  awal April  2017 lalu pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno mempelajari SISRUTE secara langsung di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Sulawesi Selatan yang merupakan pioner atau perintis penerapan SISRUTE di Indonesia.  Pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno diterima secara langsung oleh Direktur Keuangan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo yang juga membidangi SISRUTE, yakni Agustinus P yang dampingi Kepala Bagian Sistem Informasi Rumah Sakit, Poentoro.

“SISRUTE merupakan teknologi informasi berbasis internet yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi atau sederajat, horizontal maupun vertikal dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien,” ujar Agustinus saat menjelaskan mengenai program SISRUTE di Ruang Rapat Direksi RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Lebih jauh Agustinus menjelaskan pihaknya sebagai perintis SISRUTE di Indonesia siap memberikan pendampingan bila RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno akan menerapkan program unggulan Kemenkes itu. “Kita siap membantu, baik sistem maupun SDM pengelolanya. Hanya saja perlu juga dibarengi adanya komitmen dan dukungan dari semua pihak yang terkait seperti pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan rumah sakit yang ada di Kepulauan Bangka Belitung sendiri,” tukas Agustinus yang sebelumnya pernah bertugas di salah satu rumah sakit di Manado Sulawesi Utara.

Sementara dr. Lucia Shinta Silalahi yang didampingi Koordinator Teknologi Informasi RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Andre mengatakan, kunjungan mereka ke RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo untuk mengetahui tata cara pelaksanaan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) yang melibatkan bidang pelayanan, keperawatan, umum dan informasi, dan rekam medis karena pihaknya terus melakukan inovasi sebagai rumah sakit rujukan di wilayah  Kepulauan Bangka Belitung.

“Selain itu kita ingin mengetahui secara langsung pemanfaatan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi atau SISRUTE oleh stakeholder seperti rumah sakit PPK II baik regional maupun swasta agar penanganan pasien lebih cepat, efektiv, dan efisien. Sehingga dengan adanya sistem ini diharapkan masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan di rumah sakit di Kepulauan Bangka Belitung dapat terlayani oleh rumah sakit yang sudah siap sebelumnya karena sudah diatur melalui SISRUTE. Jadi kita harapkan tak ada lagi pasien yang bingung dan tidak terlayani oleh rumah sakit,” tutur Lucia.

Setelah  mendengarkan paparan, pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno diajak melakukan peninjauan langsung ke berbagai ruangan RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo yang sudah terintegrasi dengan sistem SISRUTE. Antara lain  IGD Umum dan IGD Penyakit Jantung, ruang rawat inap, ruang perawatan dan operasi obgyn, fasilitas penunjang medik seperti laboratorium, radiologi, farmasi, ruang rekam medis, dan pendaftaran pasien. Juga mengunjungi ruangan bagian teknologi informasi tempat dimana SISRUTE dikendalikan oleh tujuh orang petugas IT. (irwanto/humas rsud soekarno)

Sumber: 
RSU Provinsi
Penulis: 
irwanto/humas rsud soekarno
Tags: 
SISRUTE