Percepatan dan Pengembangan Program Sister Hospital

Sesuai dengan visi dan misi untuk menjadikan RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno sebagai rumah sakit kelas B dan pusat rujukan di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, maka perlu dilakukan kerjasama (pengampuan) dengan beberapa rumah sakit. Untuk itu berbagai langkah strategis telah disiapkan dan dilakukan oleh pihak RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno.

Salah satu upaya itu adalah melakukan kunjungan atau pertemuan koordinasi dengan pihak Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Pusat Nasional Jantung Harapan Kita, dan Rumah Sakit Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta pada  2 hingga 4 November  lalu. Kunjungan dipimpin langsung Direktur, dr. Hasuti, MSc didampingi Kabid Pelayanan, dr. Irma Whirdani dan Kasubbag Umum dan Informasi (Humas), Irwanto, SH.

Dalam pertemuan di Kementerian Kesehatan pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno berkoordinasi  guna meminta rekomendasi atau persetujuan agar ke depan nanti RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno dapat bekerjasama atau melakukan program Sister Hospital dengan rumah sakit di bawah binaan langsung Kementerian Kesehatan RI. Pihak Kemenkes melalui Kepala Seksi Pengelolaan Rujukan Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, dr. Ira Melati, MKM berjanji akan membantu atau mendukung rencana tersebut dan minta agar pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno segera mengirim surat kepada Menteri Kesehatan Cq. Dirjen Pelayanan Kesehatan.

Kemudian terkait rencana peningkatan kelas RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno menjadi kelas B, dr. Ira mengatakan akan ada revisi Peretauran Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014,  dimana ketersediaan SDM serta sarana prasarana akan disesuaikan dengan kondisi rumah sakit umum daerah.

Di Rumah Sakit Pusat Nasional Jantung Harapan Kita Jakarta pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno bertemu langsung dengan Dr. dr. Hananto Andriantoro, Sp.JP (K), MARS, FICA, Dr. dr. Iwan Dakota, Sp. JP (K), MARS, FIHA dan Dr. dr. Basuni Radi, Sp. JP (K) guna melakukan silaturahmi, dialog tanya jawab, dan minta petunjuk untuk rencana bekerjasama dalam Program Sister Hospital terkait operasional Kateterisasi Jantung di RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno.

Pihak Rumah Sakit Pusat Nasional Jantung Harapan Kita berjanji akan membantu atau mendukung rencana tersebut dan minta agar pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno segera mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kerja sama dilaksanakan. Rencananya Tim dari Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta akan melakukan asessmen di RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno terkait kesiapan sarana prasarana, SDM dan alur pelayanan kateterisasi jantung. Karena dari pihak Rumah Sakit Harapan Kita tidak hanya melakukan pendampingan tindakan tetapi lebih ke pendidikan atau transfer knowledge terkait tindakan Katerisasi Jantung.

Sementara di Rumah Sakit Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta  pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno bertemu langsung dengan Direktur  Utama Dr. dr. CH Soejono, SpPD, K-Ger, M. Epid, FACP, FINASIM, Direktur Pengembangan dan Pemasaran Dr. dr. Nina Kemala Sari, Sp.PD, K-Ger, Direktur SDM dan Pendidikan Dr. dr. Tri Martani, Sp. THT-KL (K),  Koordinator Pelayanan Humas Rosita, dan Kabag Hukum dan Organisasi Hisar M. Saragih, SH, MH. Pada pertemuan tersebut dibahas langkah kerjasama selanjutnya seperti pelayanan penanganan penyakit lainnya selain bedah saraf yang sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2017.

Setelah itu dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Direktur Utama RSCM yang dilanjutkan dengan saling menyerahkan Perjanjian Kerjasama tersebut yang dilakukan oleh Direktur Pengembangan dan Pemasaran, Dr. dr. Nina Kemala Sari, Sp.PD, K-Ger dan Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno, dr. Hastuti, MSc.

Selanjutnya usai melakukan pertemuan dengan Direktur Utama RSCM, maka dilakukan pertemuan dengan Ketua Departemen Bedah Saraf RSCM, dr. Setyo Widi Nugroho, Sp. BS (K) dan dr. David Tandian, Sp. BS (K) di Ruang Departemen Bedah Saraf. Dalam pertemuan tersebut Depertemen Bedah Saraf RSCM siap membantu pihak RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno, khsususnya dalam Program Sister Hospital dan pemenuhan tenaga dokter sub spesialis guna menunjang peningkatan kelas  RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno.

Sumber: 
RSU Provinsi
Penulis: 
irwanto
Fotografer: 
irwanto
Editor: 
irwanto