Jaringan Kerja Dan Strategi Pemasaran

 

a. Jaringan Kerja

    1. Institusi Kesehatan Lain

Sebagai RS Rujukan perlu membangun kerjasama dengan institusi kesehatanlain di wilayah rujukan agar dapat lebih meningkatkan mutu pelayanankesehatan dan mutu penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan. Untuk saat ini RSUD Dr.(H.C.) Ir. SOEKARNO sudah menjalin kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga akan berdampak terjalinnya kerjasama dengan rumah sakit-rumah sakit mitra BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

    2. Perusahaan Pelanggan

RSUD Dr.(H.C.) Ir. SOEKARNO belum menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang mempercayakan perawatan karyawannya kalausakit. Perusahaan yang potensial untuk diajak kerjasama dengan rumah sakit diantaranya perusahaan smelter yang ada di wilayah Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang.

    3. Asuransi

RSUD Dr.(H.C.) Ir. SOEKARNO telah menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi antara lain BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan mitra potensial untuk diajak bekerjasama.

    4. Perusahaan Pemasok

Dalam memilih pemasok untuk memenuhi kebutuhannya, rumah sakit selalu memperhatikan dan mencermati harga pasokan serta pemasok yang memiliki mutu standar, kemampuan, reputasi dan pelayanan yang baik. Perusahaan pemasok turut berperan dalam menjaga kelancaran pelayanan rumah sakit.

b. Kondisi Persaingan

    1. Rumah Sakit Lainnya

Rumah sakit-rumah sakit lain dapat dipandang dari dua sisi, satu  siisi merupakan mitra kerja dalam sistem rujukan, disisi lain merupakan pesaing yang perlu diwaspadai seperti RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dan Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang.

     2. Klinik Swasta

Akhir-akhir ini bermunculan klinik swasta yang menawarkan jasa pelayanan yang lebih spesifik, umumnya pelayanan penunjang. Hal ini biasanya akan lebih disukai masyarakat misalnya Klinik Intan Medika (KIM) Pangkalpinang.

     3. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh RSUD Dr.(H.C.) Ir. SOEKARNO adalah sebagai berikut:

  1. Membuat media cetak berupa company profile, brosur, dan leaflet tentang  RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui kegiatan dana cetak yang tertuang dalam DPA. company profile, brosur, dan leaflet tersebut didistribusikan kepada masyarakat yang datang berobat ke rumah sakit serta disebarluaskan kepada lembaga lainnya seperti dinas kesehatan kabupaten/kota, puskesmas, kantor camat, kegiatan pameran pembangunan dan event lainnya seperti pada Hari Kesehatan Nasional (HKN).
  2. Membuat kalender setiap tahun untuk dibagikan kepada seluruh pegawai RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO maupun kepada lembaga lainnya. Antara lain SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, DPRD, rumah sakit, puskesmas, dan perguruan tinggi.
  3. Pemasangan baliho ukuran besar. Saat ini baliho yang  terpasang berada di persimpangan lintas timur dan jalan masuk kawasan  RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO.
  4. Mengikuti event pameran pembangunan.
  5. Melakukan publikasi setiap kegiatan penting yang berlangsung di   RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO maupun publikasi tentang profil dan kemajuan RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO setiap moment Hari Kesehatan Nasional (HKN) di media massa cetak maupun elektronik, antara lain di Harian Bangka Pos, Harian Bangka Belitung Pos, dan Harian Rakyat Pos.
  6. Membuat website www.rsup.babelprov.go.id yang memuat profil RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  7. Melakukan kegiatan promosi langsung ke kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Barat yang meliputi kegiatan audiensi dengan camat, dinaskesehatan, dan masyarakat setempat, pembagian brosur/leaflet, dan pemasangan spanduk promosi di kawasan strategis di wilayah kabupaten tersebut.
  8. Mengajak pimpinan media massa untuk berkunjung langsung ke RSUD Dr. (H.C.) Ir. SOEKARNO.  Pimpinan media massa yang pernah datang antara lain Pemimpin Redaksi Harian Bangka Belitung Pos.