Gerakan Peduli Hidrosefalus dan Simposium Berlangsung Sukses

RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel bersama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)  melakukan kerjasama menggelar operasi hidrocepalus pada Kamis (11/5) dan simposium mengenai bedah saraf pada Sabtu (13/5) lalu. Kegiatan yang berlangsung di  RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno dan dihadiri langsung Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto tersebut berlangsung dengan sukses. 
Operasi  hidrocepalus  dimulai sekitar Pukul 09.00 WIB di Ruang Operasi RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno. Setelah operasi digelar, siang harinya dilakukan pertemuan avaluasi membahas seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan selama beberapa hari itu.  Dari pihak RSCM yang memberikan masukan antara lain dr. David Tandian, Sp.BS, dr. Syaiful Ichwan, Sp.BS, dan dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS.
Menurut mereka,  secara umum semua peralatan dan fasilitas bedah di RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno sudah lumayan bagus. Namun ke depan perlu menambah jumlah dokter bedah saraf sehingga pelayanan terhadap masyarakat semakin optimal. “Apalagi di Kepulauan Bangka Belitung jumlah pasien penderita hidrocepalus cukup tinggi dibandingkan jumlah penduduk Babel yang tak sampai dua juta orang,” ujar dr. Syaiful Ichwan, Sp.BS.
Kemudian pada Sabtu (13/5) di Ruang Pertemuan Gedung Bundar (GB) RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno berlangsung simposium bedah saraf. Peserta simposium adalah 70 orang dokter umum dan dokter spesialis yang ada  di Kepulauan Bangka Belitung.
Tampil sebagai pembicara atau nara sumber dari RSCM adalah  Dr. dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS membahas tentang Trauma (Diagnostik dan EDH). Dilanjutkan materi dari dr. Syaiful Ichsan, Sp.BS membahas tentang Tumor/Onkologi yang ada hubungannya dengan operasi hidrosefalus. Ada pula dr. Samsul Ashari, Sp.BS membahas tentang Vascular (Stroke). Di lanjutkan lagi dr. David Tandian, Sp.BS membahas tentang Fungsional (Pain, MVD, Epilepsi) dan  Dr. dr. Mohamad Aaekhu, SpBS membahas tentang Spine (Traumaspinal, Kelainan Degeneratif). Terakhir presentasi dari dr. Ferry Kurniawan Sp.BS dari  RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel. (irwanto/vika/thomas/akmal/akhirullah/humas rsud soekarno)
 

Sumber: 
RSU Provinsi
Penulis: 
irwanto
Fotografer: 
Thomas/Akmal
Editor: 
irwanto