Akreditasi Rumah Sakit Itu Menyenangkan

Akreditasi rumah sakit adalah bagian penting dalam proses operasional suatu rumah sakit. Tidak semata karena kaitan dengan kerjasama asuransi dalam hal ini BPJS, lebih jauh dari itu untuk memastikan standar layanan rumah sakit bermutu dan berkualitas.

Salah satu elemen pentingnya adalah berkenaan dengan peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP). PMKP dianggap menjadi salah satu pokja yang 'menakutkan'. Karena akan menilai mutu rumah sakit baik 12 indikator mutu nasional, mutu prioritas rumah sakit dan mutu semua unit rumah sakit. Penetapan mutu rumah sakit meski berdasar pada kamus indikator mutu rumah sakit dari Kemenkes RI, namun masing masing rumah sakit akan menetapkan indikator-indikator yang berbeda sesuai dengan unggulan dan data pasien di 10 penyakit terbanyak baik rawat jalan dan rawat inap.

Proses akreditasi pokja PMKP RSUD Dr (H.C.) Ir. Soekarno diampu oleh dr. Wibowo Budisusilo Sukijat, MPH mantan Kadinkes Provinsi DKI. Dengan pembawaannya yang santai dan penuh canda, proses penilaian akreditasi berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Tak terasa hampir 4 jam proses penilaian keseluruhan elemen pokja diselesaikan.

Point point penting dan detail tetap dicek sesuai maksud dari masing masing elemen. Verifikasi data baik secara bukti fisik maupun data yang di upload di SISMADAK dilaksanakan secara rinci. Bersyukur pihak pokja PMKP didukung penuh oleh gubernur, direktur dan seluruh unit di RS dapat menyerahkan dan menunjukan seluruh data yang diperlukan.

Semoga hasil penilaian PMKP berjalan dengan baik dan meraih hasil terbaik. Sebagai wujud nyata kualitas mutu dan keselamatan pasien di RSUD DR (H.C.) Ir. Soekarno telah berjalan dengan baik demi kemaslahatan pasien khususnya dan masyarakat Prov. Kep. Babel pada umumnya.

Sumber: 
RSU Provinsi
Penulis: 
dr. Farhan Ali Rahman, Sp.An, FIPM
Fotografer: 
Humas Umum dan Informasi
Editor: 
Pokja PMKP
Tags: 
AKREDITASI SNAR ED 1